Monday, September 12, 2016

TITIK NOL TASIKMALAYA

Tahu gak Titik Nol Tasik ada di mana?

Titik Nol Kilometer sejatinya berguna sebagai patokan pengukur jarak suatu kota.
Di berbagai daerah Indonesia, Titik Nol tak hanya berfungsi sebagai patokan jarak antar kota. Titik Nol bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri (bisa jadi destinasi foto2 narsis hehe :D). Gak hanya sekedar tugu, tapi penanda Titik Nol ada yang berbentuk menara, mobil stoom, benteng, juga museum.

Menurut sejarah, biasanya Titik Nol berbagai daerah di Indonesia letaknya tidak jauh dari Kantor Pos Besar kota itu sndiri. Hal ini karena zaman dahulu pemerintahan Belanda selalu membangun Kantor Pos di pusat kota.


Lokasi Tugu Titik Nol Tasikmalaya


Nah, di Tasik sendiri Totik Nol berada di Jalan Dr. Sukardjo (dekat Gedung Usaha Wanita). Percaya gak? Cek sendiri aja ya kalau tak percaya hihihi
Persis! Titik Nol Tasik ini memang berada di sekitar Kantor Pos Pusat. Jarak dari Titik Nol ke Kantor Pos tersebut hanya berjarak kurang lebih 500 meter.

Pada Tugu Titik Nol tertera BDG 106. Hal ini berarti menunjukan bahwa jarak antara Tasikmalaya dan Bandung adalah 106 kilometer.

Jarak Bandung-Tasikmalaya pada Google Maps
 
Sebagai perbandingan, hasil pencarian di google maps menunjukkan jarak antar Bandung-Tasikmalaya adalah 103 kilometer. Sedangkan pada tugu sendiri tercantum bahwa jarak Bandung-Tasikmalaya adalah 106 km. Perbedaan yang tak terlalu jauh ini wajar adanya karena kordinat yang ada tidak menunjukkan tepat di Titik Nol Jalan Dr. Soekardjo, Tasikmalaya dan Titik Nol Bandung yang berada di Jalan Asia Afrika (Monumen Mobil Stoom, dekat Tower BRI).
 
Adakah yang terlewat dalam bahasan Titik Nol Tasikmalaya ini? 


SHARE THIS

Author:

0 comments: